Bagaimana Membantu Anak Mengatasi Stress?

Stress tidak hanya dapat dialami orang dewasa tetapi dapat juga dialami oleh anak-anak. Anak-anak belum mampu menyadari atau mengungkapkan tekanan mental yang dialaminya. Oleh karena itu orangtua sebaiknya mengenali dan dapat memberikan bantuan kepada anak untuk menghadapi stress yang dialaminya. Berikut beberapa tips yang dapat menjadi saran bagi orangtua.

1. Kenali Penyebab Stress
Untuk memberikan solusi yang tepat, orangtua harus mengatahui apa penyebab anak mengalami stress.

2. Tampung Curahan Hati Anak
Biarkan anak mengungkapkan curahan isi hatinya. Hal ini membantu meringankan perasaan yang dipendamnya.

3. Beri Nasihat Secara Bijak
Beri nasihat untuk memperkuat mentalnya dalam menghadapi masalah kejiwaannya. Jangan memarahinya, karena justru dapat menambah stress anak.

4. Berikan Perhatian Lebih dari Biasanya
Lebih banyak memberikan perhatian pada anak disaat ia mengalami stress dapat membantu anak lebih percaya diri dan menghindarkan anak dari rasa kesepian dan banyak melamun.

5. Bantu Anak Tidur dengan Nyaman
Stress dapat menyebabkan anak susah tidur dan banyak melamun sebelum tidur. Menemani anak saat akan tidur atau memberikan pijatan ringan dapat membantu anak lebih mudah tidur.

6. Perhatikan Asupan Nutrisi Anak
Stress bisa mengganggu selera makan. Hal ini dapat menyebabkan anak mudah jatuh sakit. Pastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup agar fisik anak tetap sehat.

7. Dorong Anak Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan
Melakukan kegiatan yang meyenangkan dapat membantu mengurangi stress. Dorong anak melakukan hal-hal yang disukainya seperti bermain bersama, menonton video, menggambar, menyanyi, bermain musik, dsb.

8.Dorong Anak  Melakukan Aktivitas Fisik
Menyalurkan energi dalam bentuk aktivitas fisik seperti berolahraga, bermain bola, bersepeda, berkebun, dsb dapat membantu mengurangi stress. Banyak melakukan aktivitas fisik juga membantu meningkatkan kebugaran fisik dan mental.

9. Dorong Anak Bergaul
Berkumpul bersama teman yang peduli dapat membantu anak melupakan masalah yang dihadapi dan mengurangi tekanan mental yang dialaminya.

10. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung Pemulihan
Ciptakan lingkungan di dalam keluarga yang mendukung anak untuk menghilangkan stress yang dialami. Semua anggota keluarga dapat perperan untuk menghilangkan tekanan mental yang dialami anak dan mengembalikan keceriaannya.

les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s