Manfaat Meditasi Bagi Anda

Dr. Herbert Benson, seorang ahli jantung dari Universitas Harvard, adalah orang pertama yang dengan penuh keyakinan menggabungkan manfaat meditasi dengan pengobatan gaya Barat. Secara ilmiah, is menjelaskan manfaat-manfaat dari meditasi yang telah dipraktikkan orang selama berabad-abad. Penelitiannya terhadap para pengikut Transcendental Meditation (TM) aliran Timur di sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an diterbitkan menjadi sebuah buku yang paling dihargai di antara semua buku yang pemah ditulisnya: The Relaxation Response, pertama kali diterbitkan pada tahun 1975. Benson menyatakan, “Begitu data telah terkumpul, kami menemukan kenyataan yang tidak dapat disangkal. Hanya dengan bermeditasi, para penganut TM memunculkan respons fisik yang mengejutkan penurunan denyut jantung, tingkat metabolisme, dan kecepatan bernapas yang selanjutnya saya juluki `respon relaksasi’. Penelitian selanjutnya menemukan bahwa meditasi juga menurunkan tekanan darah untuk mereka yang tekanannya tinggi” (2000, xvi). Penelitiannya membuktikan, tanpa sedikit pun keraguan bahwa meditasi membawa seseorang pada keadaan yang sangat menenangkan, yang diyakininya sebagai penawar bagi sindrom tempuratau-kabur. Meditasi menetralkan pengaruh dari hormon-hormon stres yang dilepaskan dalam darah kita.

Sejak itu, ratusan artikel muncul dalam berbagai jurnal ilmiah yang membuktikan betapa luar biasanya manfaat meditasi terhadap kesehatan. Hal ini dinyatakan oleh majalah Time melalui tajuk utama dari terbitannya Baru-baru ini, “Jutaan orang Amerika…mempraktikkannya setiap hari. Mengapa? Karena meditasi terbukti berhasil” (Stein, 2003). Para dokter di bidang kesehatan dan pengobatan Barat mempelajari pengaruhnya karena penelitian telah membuktikan adanya dampak positif yang luar biasa terhadap kehidupan yang sarat dengan stres. Kembali pada manfaat-manfaat yang terdaftar dalam penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa orang yang bermeditasi akan menjalani kehidupan yang lebih lama, lebih bahagia, dan lebih sehat. Mereka lebih jarang jatuh sakit, pergi ke dokter, atau harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Manfaatnya telah menjadi semakin penting, ketika pada tahun 2003 para pendeta Buddha dari Tibet, bersama Dalai Lama, bertemu dengan para ahli saraf dan peneliti di bidang pengobatan perilaku dari MIT untuk mengadakan seminar yang membahas penelitian medis tentang meditasi. Tiket seminar terjual habis dengan daftar tunggu yang begitu panjang. Selanjutnya, ada begitu banyak penelitian dan seminar yang direncanakan. Berbagai bentuk pertemuan antara para ahli meditasi dan peneliti medis yang sebelumnya tak pernah disangka-sangka ini akan menjamin bahwa manfaat dari meditasi akan terus-menerus digali dan dijabarkan di tahun-tahun mendatang.

Manfaatnya di Tempat Kerja

Beberapa manfaat terbesar dari meditasi dapat dirasakan di tempat kerja. Manfaat-manfaat ini semakin terasa jika Anda dapat meluangkan waktu untuk bermeditasi sebelum berangkat kerja, sebelum makan siang, atau selama beristirahat. Investasi waktu yang singkat ini akan menuai keuntungan besar dalam hal kinerja keseharian Anda. Anda lebih siap untuk mencegah munculnya stres, atau dapat memperkecil dampaknya.

Meditasi memungkinkan Anda untuk tetap bersemangat, sementara yang lain patah semangat. Anda belajar untuk tidak berkata negatif terhadap diri sendiri. Meditasi bertindak sebagai perintang antara Anda dan pernyataan-pernyataan atau perilaku yang menghancurkan diri sendiri. Dengan melakukan meditasi, sikap Anda akan menjadi lebih toleran terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar Anda. Anda tidak akan melawan perubahan-perubahan yang terjadi, dan dapat mengatasi pergolakan dengan lebih baik. Sekalipun jika hasil akhirnya tidak positif, Anda dapat belajar menerima kenyataan dengan lebih baik. Akibatnya, Anda akan merasa lebih dapat mengendalikan nasih Anda sendiri.

Melakukan meditasi membuat Anda mampu untuk tetap tenang di saat sedang melakukan pekerjaan di bawah tekanan batas waktu. Anda tidak lagi bereaksi penuh kecemasan, stres, atau rasa takut, sebagaimana halnya jika Anda tidak pernah bermeditasi. Anda tidak akan naik darah jika diinterupsi ketika sedang sibuk-sibuknya menyelesaikan tugas atau proyek tertentu. Anda akan lebih mampu menahan dan mengendalikan reaksi. Anda akan lebih kebal terhadap rasa marah. Anda akan merasa mampu mengetahui pikiran-pikiran Anda sehingga dapat menenangkannya.

Karena Anda telah tahu bagaimana cara memusatkan pikiran melalui meditasi, Anda jadi mampu berkonsentrasi dengan lebih baik. Anda dapat menutup diri dari suara-suara yang mengganggu di tempat kerja. Kebisingan yang tadinya mengganggu, kini tidak lagi membuyarkan konsentrasi Anda. Anda lebih tidak cenderung membuat kesalahan yang berarti. Anda memiliki stamina yang lebih besar untuk menangkal kelelahan dan memiliki rentang perhatian yang lebih dalam. Akibatnya, Anda menjadi lebih produktif. Karena pikiran Anda lebih jernih, Anda dimampukan untuk menghindar dari kekacauan yang biasanya menyertai pengambilan keputusan yang sulit.

Pemikiran-pemikiran Anda lebih tidak terpecah-pecah Jan semrawut. Saya suka untuk mengumpamakan hal ini seperti pipa penyemprot air yang disambungkan ke ujung selang. Anda dapat menyetelnya supaya air memancar ke segala arah maupun mengubahnya menjadi pancaran air satu arah yang menyembur dengan kuat. Pemikiran yang terfokus seperti ini dapat meningkatkan kreativitas Anda. Anda dapat memberikan perhatian yang besar pada hal-hal yang terperinci. Jika Anda memegang pekerjaan yang mementingkan kreativitas, seperti periklanan, pemasaran, atau penjualan, meditasi akan sangat meningkatkan kemampuan Anda untuk menciptakan gagasan-gagasan baru. Sepertinya, kreativitas bermunculan dari sebuah tempat yang dalam di balik pikiran Anda. Anda sedang menyingkap sebuah potensi yang sebelumnya tak pernah Anda pikir memilikinya.

Meditasi membuat Anda dapat bekerja sama dengan lebih baik. Anda dapat lebih mudah membangun hubungan karena Anda telah semakin menerima diri sendiri dan orang lain. Anda belajar untuk memiliki rasa peduli dan memerhatikan sesama; menjadi lebih sabar terhadap rekan kerja, dan 10101 toleran terhadap kekurangan dan kesalahan mereka. Meditasi membuat Anda mampu memaafkan orang-orang atas kesalahan yang telah mereka lakukan terhadap Anda. Bahkan, Anda bisa menjadi ramah pada mereka yang pernah tidak Anda sukai, atau cekcok selama bertahun-tahun.

les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, les privat, les privat,les privat,les privat, lbb privat, lbb privat,lbb privat,lbb privat,lbb privat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s