Tipe Pewarna Rambut dan 7 Zat Berbahaya Dalam Produk Perawatan Rambut

 Macam-macam Tipe Pewarna Rambut Macam-macam Tipe Pewarna Rambut. Anda boleh-boleh saja mewarnai rambut, tapi pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar. Lalu, bagaimana cara yang benar itu? Macam-macam Tipe Pewarna Rambut Berikut beberapa tipe pewarna rambut :    

  • Pewarna Sementara. Pewarna sementara menggunakan bahan pencelup yang hanya melapisi permukaan rambut. Bahan kimia dalam pewarna sementara mudah dibersihkan dengan beberapa kali keramas sehingga tidak terlalu berisiko.   
  •  Pewarna Alami. Pewarna alami kebanyakan terbuat dari tumbuh-tumbuhan, contohnya henna. Pewarna ini juga akan memudar setelah rambut di keramas beberapa kali.   
  • Pewarna Semi-Permanen. Pewarna ini memiliki molekul yang sangat kecil sehingga dapat meresap kedalam inti rambut dan kutikula. Meski demikian, jenis pewarna ini tidak sampai mengubah pigmen dan tak mengandung bleach (bahan kelantang atau penerang warna rambut) sehingga cukup aman digunakan.   
  • Pewarna Rambut Permanen. Pewarna rambut permanen lebih berisiko karena mengubah pigmen rambut melalui proses bleaching. Jika rambut sering di-bleach, kutikula rambut akan rusak dan membentuk sisik. Untuk mengurangi kerusakan, jangan terlalu sering mengganti warna rambut.

7 Zat berbahaya dalam produk perawatan rambut

Bahan kimia tertentu dalam produk perawatan rambut bisa menyebabkan sakit kepala, mual, kelelahan, dan kanker. Hal ini cukup mengejutkan karena produk tersebut jadi bagian rutin dari perawatan rambut sehari-hari. Dr Nipun Jain, senior konsultan dermatologi, di Sri Balaji Action Medical Institute memberikan tips untuk menghindari bahan kimia berbahaya pada produk rambut, seperti dilansir Healthmeup.

1. Isopropyl alcohol

Isopropyl alcohol adalah pelarut yang ditemukan dalam larutan pewarna rambut dan lotion. Jika terhirup, zat kimia ini dapat mengakibatkan sakit kepala, pusing dan mual.

2. Propylene glycol

Propylene glycol digunakan sebagai bahan dasar pada shampo dan kondisioner rambut. Bahan kimia ini bisa dengan mudah menembus kulit dan menyerap protein di dalamnya. Alhasil, kulit jadi cepat kendur deh.

3. Polyethylene glycol

Polyethylene glycol biasa digunakan pada produk pembersih dan perawatan tubuh. Ternyata, paparan zat ini bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit.

4. Sodium lauryl sulphate (SLS) & Sodium laureth sulphate(SLES)

Dua jenis zat kimia ini mungkin adalah yang paling berbahaya dari semua bahan dalam produk perawatan tubuh. SLS dan SLES umumnya digunakan pada kondisioner rambut. Apa bahayanya? Mereka bisa membatasi pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan. SLS juga dapat mengakibatkan katarak ketika diserap oleh kulit. Bahkan, tanpa adanya kontak langsung dengan mata.

5. DEA (diethanolamine), MEA (momoethanolamine) TEA (triethanolamine)

Bahan-bahan kimia ini lazimnya digunakan dalam shampo dan dipercaya dapat memicu munculnya kanker.

6. FD & C Colour pigments

Shampo dan kondisioner banyak mengandung warna buatan dan sintetis agar terlihat lebih menarik. Warna-warna yang digunakan dalam pewarna rambut menyebabkan masalah iritasi dan saraf.

7. Formaldehyde

Bahan kimia ini biasa digunakan dalam shampo dan kondisioner rambut dan bisa menyebabkan alergi, sakit kepala dan kelelahan. Bahkan, zat ini juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Sungguh mengejutkan. Siapa sangka, produk rambut yang biasa digunakan sehari-hari mengandung bahan kimia berbahaya. Maka dari itu, perawatan alami menjadi solusi terbaik untuk menjaga kesehatan rambut. Ingat! Sesuatu yang alami tidak memiliki efek samping, kawan.

les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, les privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, lbb privat surabaya, les privat, les privat,les privat,les privat, lbb privat, lbb privat,lbb privat,lbb privat,lbb privat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s